Algoritma Blowfish 13


Algoritma Blowfish adalah salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk melakukan enkripsi data sehingga data asli hanya dapat dibaca oleh seseorang yang memiliki kunci enkripsi tersebut. Contoh yang dibahas kali ini adalah mengenai enkripsi dan dekripsi dari sebuah kalimat.
Algoritma ini menggunakan teknik cipher blok dengan key simetris. Blowfish memiliki ukuran blok 64 bit dan panjang key dari 32 sampai 448 bit. Blowfish menggunakan cipher Feistel dan menggunakan parameter SBOX yang sangat besar dan nilainya bergantung dari key. Strukturnya sangat mirip dengan struktur CAST-128, yang menggunakan SBOX dengan nilai tetap.


Langkah-langkah penggunaan algoritma ini adalah

1. Tentukan kalimat yang akan dienkrip

2. Tentukan kata kunci enkripsi yang digunakan

3. Lakukan inisialisasi variabel yang digunakan oleh metode ini
Penjelasan lebih detail tentang fungsi ini dapat dilihat pada penjelasan skrip dibawah ini

* Skrip tersebut akan melakukan inisialisasi pada Class CryptCore. Class ini adalah inti class untuk pemanggilan fungsi enkripsi dan dekripsi yang mengacu pada algoritma blowfish. Deklarasi Class CryptCore adalah sebagai berikut:

* Pada saat melakukan proses InitCore, maka proses tersebut akan melakukan inisialisasi pada Class CoreAlgoritmaSymmetric. Pemanggilan fungsi enkripsi / dekripsi pada Class sebelumnya akan mengarah pada Class ini untuk selanjutnya dilakukan perhitungan enkripsi / dekripsi yang sebenarnya. Deklarasi Class CoreAlgoritmaSymmetric adalah sebagai berikut:

* Pada saat menginisialisasi variabel metodeEncode, maka proses tersebut akan melakukan inisialisasi pada Class BlowfishAlgoritma. Class ini berisi tentang beberapa properti dan fungsi yang menggantikan properti dan fungsi yang diturunkan dari Class SymmetricAlgorithm dan ICryptoTransform. Deklarasi Class BlowfishAlgoritma adalah sebagai berikut:

4. Lakukan enkripsi kalimat awal menggunakan algoritma ini
Penjelasan lebih detail tentang fungsi ini dapat dilihat pada penjelasan skrip dibawah ini

* Skrip tersebut akan menjalankan proses enkripsi yang terdapat dalam Class CoreAlgoritmaSymmetric.

* Sedangkan proses enkripsi utama algoritma Blowfish adalah sebagai berikut

5. Lakukan dekripsi dari kalimat yang telah terenkripsi
Penjelasan lebih detail tentang fungsi ini dapat dilihat pada penjelasan skrip dibawah ini

* Skrip tersebut akan menjalankan proses dekripsi yang terdapat dalam Class CoreAlgoritmaSymmetric.

* Sedangkan proses dekripsi utama algoritma Blowfish adalah sebagai berikut

* Secara keseluruhan, skrip ini membutuhkan 2 Class tambahan yaitu Class Blowfish dan Class BlowfishBaseCBC. Class Blowfish berisi tentang ukuran blok, panjang key, semua nilai PBOX dan SBOX, dan beberapa fungsi enkripsi dan dekripsi dengan metode Blowfish. Class BlowfishBaseCBC adalah inti class Blowfish yang menggunakan teknik cipher CBC (Cipher Block Chaining), dan berisi tentang beberapa properti dan fungsi yang menggantikan properti dan fungsi yang diturunkan dari Class Blowfish dan SymmetricAlgorithm. Deklarasi kedua Class tersebut adalah sebagai berikut:


Hasil akhir adalah: (klik untuk perbesar gambar)

cmd112a

cmd112b


Contoh modul / source code dalam bahasa VB (Visual Basic) dapat didownload disini:



Jika membutuhkan jasa kami dalam pembuatan program, keterangan selanjutnya dapat dilihat di Fasilitas dan Harga
Jika ada yang kurang paham dengan langkah-langkah algoritma diatas, silahkan berikan komentar Anda.
Selamat mencoba.


Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 pemikiran di “Algoritma Blowfish

    • pip Penulis

      Skrip ini dapat berjalan baik sewaktu saya jalankan kembali. Silahkan disampaikan bagian manakah yang error dan pesan error apakah yang muncul.

    • pip Penulis

      Modul yang saya bagikan adalah modul bertipe “console application” sehingga seharusnya akan kompatibel jika dijalankan pada sebagian besar versi visual basic.

  • Kar

    ketika programnya saya coba, ada bagian yang error gan. di bagian Public Class BlowfishAlgoritma gan.

    Public Class BlowfishAlgoritma
    Inherits System.Security.Cryptography.SymmetricAlgorithm
    Implements System.Security.Cryptography.ICryptoTransform

    blue underlined skrip yg 3 baris ini gan.? solusinya gimana ya gan.?

    • pip Penulis

      File yang saya bagikan adalah skrip bertipe konsol (kesalahan yang terjadi pada tempat anda mungkin disebabkan karena anda tidak menjalankan skrip dalam bentuk konsol). Setelah anda menjalankan Visual Studio, silahkan membuat proyek baru dengan tipe “Console Application”, kemudian salin isi skrip pada file yang disediakan atau anda bisa menimpa langsung modul kosong pada proyek tersebut.

      • Kar

        Kenapa error pass dijalankan di ConsoleAplication VB2010 ?
        Dibagian :
        Protected Sub BaseEncrypt(ByRef unHiRef As UInteger, ByRef unLoRef As UInteger)
        Dim unHi As UInteger = unHiRef
        Dim unLo As UInteger = unLoRef

        Dim sbox1 As UInteger() = m_sbox1
        Dim sbox2 As UInteger() = m_sbox2
        Dim sbox3 As UInteger() = m_sbox3
        Dim sbox4 As UInteger() = m_sbox4

        Dim pbox As UInteger() = m_pbox

        unHi = unHi Xor pbox(0)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(1)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(2)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(3)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(4)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(5)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(6)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(7)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(8)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(9)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(10)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(11)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(12)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(13)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(14)
        unLo = unLo Xor (((sbox1(CInt(unHi >> 24)) + sbox2(CInt((unHi >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unHi >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unHi And &HFF))) Xor pbox(15)
        unHi = unHi Xor (((sbox1(CInt(unLo >> 24)) + sbox2(CInt((unLo >> 16) And &HFF))) Xor sbox3(CInt((unLo >> 8) And &HFF))) + sbox4(CInt(unLo And &HFF))) Xor pbox(16)

        unLoRef = unHi
        unHiRef = unLo Xor pbox(17)
        End Sub

        Karena alasan aritmatikan gituh.. padahal saya masuk input dan key seperti contoh.

        • pip Penulis

          Pada saat saya mencoba kembali skrip ini, saya tetap dapat menjalankan skrip ini tanpa mengalami kendala. Pada saat proses enkripsi, apakah yang terjadi pada saat setelah anda memasukkan kalimat dan kata kunci? Apakah muncul pesan kesalahan tertentu?

        • pip Penulis

          Baik, terima kasih atas laporan yang diberikan. Akan tetapi sangat sulit untuk membetulkan error tersebut karena skrip yang saya miliki berjalan dengan sangat baik walaupun saya melakukan pengujian dengan kalimat dan kata kunci yang bervariasi dan cukup panjang.

          Dapatkah anda melakukan pengujian dengan menggunakan 1 karakter, sebagai contoh kalimat adalah “a” dan kata kunci adalah “1” (tanpa tanda petik)? Apakah masih terdapat kesalahan apabila menggunakan pengujian tersebut? Jika masih terdapat kesalahan yang sama, dapatkah anda menunjukkan isi dari semua variabel yang digunakan (unHi, unLo, sbox1, sbox2, sbox3, sbox4, pbox)?

  • Kevin

    Mohon maaf, saya ingin bertanya. Kenapa pada saat saya run tidak muncul jendela hitamnya ? Hanya muncul kilatan seperti berkedip saja padahal saya sudah timpa filenya dengan menggunakan Console Application juga. Terima kasih

    • pip Penulis

      Skrip ini saya rancang tanpa ketergantungan dengan library tertentu, sehingga seharusnya apabila menggunakan proyek bertipe “Console Application” skrip tersebut dapat berjalan dengan benar. Skrip ini masih berjalan dengan baik pada saat saya periksa kembali, sehingga saya tidak dapat mereplika kesalahan yang anda laporkan. Silahkan mencoba untuk melakukan debug run secara baris per baris untuk mengetahui dimanakah pembacaan skrip berhenti yang mengakibatkan program langsung menutup dengan sendirinya.